Vitamin dan Mineral untuk Kesuburan Sperma

104 views

Ada banyak cara meningkatkan kualitas sperma Anda, baik dengan cara alami atau dengan dukungan suplemen atau obat-obatan. Pola hidup sehat, makanan bergizi, olahraga, hingga menghindari stres merupakan cara terbaik meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma serta kesuburan Anda.

Vitamin dan Mineral untuk Kesuburan Sperma

Beberapa vitamin dan mineral juga berperan penting dalam membantu meningkatkan kualitas sperma. Vitamin dan mineral berikut ini bisa Anda dapatkan dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi atau juga dari suplemen yang dijual secara bebas atau pun dengan resep dokter, antara lain:

  1. Asam folat. Tidak hanya baik untuk kesuburan wanita, asam folat juga baik untuk kesuburan pria. Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9. Makanan kaya folat termasuk sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan kecambah. Folat juga bisa ditemukan pada kacang-kacangan, kentang, dan jeruk.
  2. Zinc membantu meningkatkan jumlah sperma dan memperbaiki pergerakan atau motilitas sperma. Sumber makanan yang mengandung zinc antara lain daging, kerang, produk olahan susu, roti, dan sereal.
  3. Selenium. Bahan yang biasanya dikonsumsi bersama dengan vitamin E ini dapat memperbaiki pergerakan, bentuk serta struktur sperma. Selenium terdapat pada kacang, ikan, daging, dan telur.
  4. Koenzim Q10. Sifat antioksidan dalam koenzim Q10 dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma. Namun efektivitas zat ini dalam meningkatkan kualitas sperma masih perlu diteliti lebih lanjut. Koenzim Q10 dapat Anda temui pada daging dan ikan, kedelai, kacang tanah, dan biji wijen.
  5. Antioksidan. Antioksidan adalah sejenis nutrisi yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu melindungi kualitas sperma Anda. Antioksidan terdiri dari vitamin C dan E, serta beta-karoten yang dapat Anda temui pada sayuran dan buah-buahan.
  6. Vitamin D. Vitamin ini penting untuk membantu sperma bergerak dengan baik. Selain dari sinar matahari dan suplemen, vitamin D dapat Anda temui pada ikan, daging merah, hati, serta kuning telur.
Penulis: 
    author
    No related post!